bunglonstia

::Trending News ::LifeStyle ::Travelling :: Culinary

Tempat Wisata Terbaik Sabang Di Pulau Weh Yang Harus Di Kunjungi

Tempat Wisata Terbaik Sabang Di Pulau Weh Yang Harus Di KunjungiSebagai pulau yang berada di paling barat Indonesia, Pulau Weh menyimpan sejuta pesona keindahan alam, baik wisata bahari maupun beberapa tempat peninggalan sejarah. Pulau Weh merupakan tempat wisata yang sangat terkenal untuk kegiatan menyelam dan berselacar. Ibaratnya magnet, keindahan bawah laut Pulau Weh merupakan daya tarik bagi para penyelam dari berbagai negara. Pengalaman menyelam di Pulau Weh adalah salah satu yang terbaik di Indonesia, selain Bunaken dan Raja Ampat.

Tempat Wisata Terbaik Sabang Di Pulau Weh Yang Harus Di Kunjungi
Diving Di Pulau Weh, Via: thetravelingmunschkin.com
Pulau Weh merupakan bagian dari Provinsi Nangro Aceh Darussalam, dengan luas wilayah 156,3 kilometer persegi. Sabang merupakan kota terbesar di pulau ini, yang terbagi menjadi Kota Atas dan Kota Bawah. Kota Atas terletak di sebelah Utara, memiliki teluk yang indah dan deretan gedung kolonial Belanda. Sedangkan Kota Bawah terletak diselatan  Sabang, banyak terdapat pertokoan, restoran, warung-warung kopi, karena di kota ini merupakan pemukiman warga.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai Suaka Alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang terancamBufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.

Di kawasan Taman Wisata Alam Pulau Weh, terdapat Tugu Nol Kilometer  yang merupakan simbol batas wilayah Indonesia. Lokasi tugu ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Sabang dikenal sebagai titik paling barat kepulauan Indonesia. Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan di kawasan ini antara lain, lintas alam, menikmati panorama alam pantai, berkemah dan kegiatan wisata tirta. 

Pulau Weh menawarkan beragam wisata, dan objek wisata terbaik dari Pulau Weh dapat anda temui di beberapa lokasi berikut ini.

Tempat Wisata Terbaik Sabang Di Pulau Weh Yang Harus Di Kunjungi
Wisata Pulau Weh, Via: www.amadinetravel.com
Silahkan baca juga Kepulauan Raja Ampat Indonesia Yang Eksotis Ibarat Surga Kecil Di Bumi


1. Pantai Anoi Itam

Dari sekian banyak pantai di Pulau Weh, mungkin pantai ini yang paling berbeda. Pantai Anoi Itam berjarak 13 km dari Sabang adalah satu-satunya pantai yang berpasir hitam khas pasir vulkanisi. Pasir pantai Anoi Hitam konon memiliki berat jenis yang berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya. Beratnya kurang lebih tiga kali lipat berat pasir hitam pada umumnya. Hal ini disebabkan kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Paduan warna dari pasir hitam dan batu-batu kapur yang berwarna putih disekitarnya terlihat kontras dan memberikan sensasi keindahan tersendiri.

Pantai Anoi Hitam memiliki pemandangan yang indah. Pohon-pohonan yang rindang beserta tebing-tebing yang menjorok kelaut merupakan salah satu daya tarik panorama dari pantai ini. Jika naik keatas bukit, akan terlihat bentangan Samudera Hindia dengan lautnya yang biru, dan tampak juga gunung Seulawah yang kokoh. Disini juga terdapat objek wisata sejarah peninggaln Jepang, berupa benteng pertahanan yang masih terjaga kelestariannya. 


2. Danau Aneuk Laot

 Disebut juga danau air tawar, karena danau ini merupakan sumber mata air bagi penduduh Pulau Weh. Danau Aneuk Laot berada ditengah-tangah Kota Sabang, memiliki panorama yang sangat indah sehingga sangat cocok untuk melakukan fotografi dengan latar sunset saat senja tiba. Jika turun ketepian danau, akan tampak aktivitas warga memancing dan mengurus tambak ikan air tawar.


3. Pantai Sumur Tiga

 Pantai Sumur Tiga menawarkan keindahan alam bahari dengan lingkungan yang masih alami. Berada disebelah timur Pulau Weh, pantai ini menjadi tempat ideal untuk memandangi terbitnya matahari. Sepanjang pinggiran pantai masih dipadati pepohonan kelapa yang dapat dijadikan tempat berteduh saat panas menyengat.

Keunikan lain pantai ini terdapat tiga sumur air tawar yang menjadi ikon kawasan ini, sekaligus menjadi cikal bakal nama pantai. Sumur ini sudah ada sejak zaman Belanda dan berjarak hanya 15 meter dari laut.


4. Air Terjun Pria Laot

Terletak di Desa Laot, Air Terjun Pria Laot merupakan salah satu air terjun indah di Sabang. Kontur alam menuju lokasi air terjun tidak semulus jalan menuju kawasan wisata lainnya. Melalui bebatuan terjal, menyusuri anak sungai merupakan pengalaman menarik bagi perjalanan para wisatawan. Tinggi air terjun hanya setinggi sekitar 10 meter, sehingga air yang turun tidak terlalu deras. Pengunjung dapar berenang dengan ditemani ikan-ikan kecil yang berada di kolam tepat di bawaah air terjun.


5. Pantai Gapang

Nama Gapang diambil dari nama pohon yang ada disekitar pantai ini. Pohon besar dan teduh akan membuat nyaman bagi siapa pun yang ingin bersantai di Pantai Gapang. Kegiatan berenang, snorkeling dan menyelam dapat dicoba disini, karena lautnya yang jernih, biru dan sangat bersih. Terdapat berbagai macam biota laut yang bisa ditemukan disini, seperti ikan dan bintang laut yang jarang ditemukan di tempat lain. Dilepas pantainya terdapat titik hydrothermal yang menghasilkan gelembung-gelembung air panas didalam air.

Bagi para fotografer, alam di sekitar Pulau Gapang masih sangat alami. Anda akan sangat puas dengan kegiatan berfoto di tempat ini. Maka tidak heran banyak pengunjung dari Eropa yang datang ke sini. 


6. Pantai Iboih

Pantai ini mempunyai gelombang laut yang tenang, para wisatawan dapat menikmati keanekaragaman spesies bawah laut seperti ikan dan terumbu karang. Selain itu, anda juga dapat menikmati keindahan gunung berapi yang berada dipermukaan laut. 

Pantai ini juga memiliki sederatan penginapan, karena disinilah titik terdekat menuju Pulau Rubiah. Tak hanya jadi pelabuhan bagi traveller yang ingin mengunjungi Pulau Rubiah, Pantai ini dengan perairannya yang jernih merupakan favorit untuk kegiatan snorkeling.


7. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah terletak di depan pantai Teupian Layeu dan Iboih. Tersedia perahu untuk menyebrang ke Pulau Rubiah dengan biaya yang disesuaikan dengan kebutuhan, keliling pulau atau untuk antar jemput. 

Taman bawah air yang berada disekitar pulau ini habitat bagi ikan-ikan hias dan beberapa jenis koral. Tak heran jika banyak wisatawan yang sengaja datang hanya sekedar untuk berenang atau bermain dengan ikan-ikan hias. Tetapi, berenang disini harus tetap berhati-hati, karena arus disini cukup kuat.


8. Monkey Road

Monkey Road merupakan jalur yang dilewati untuk menuju Tugu Nol Kilometer. Di sepanjang jalur ini banyak terdapat monyet-monyet liar yang berkeliaran. Jika membawa pisang atau kacang, silahkan memberi makan monyet-monyet tersebut.


9. Tugu Nol Kilometer

Tinggi bangunan Tugu Nol Kilometer sekitar 22,5 meter, bercat putih dan pada puncak tugu terdapat patung burung Garuda. Selain itu terdapat prasasti yang terukir di atas batu berwarna hitam. Prasasti tersebut menjelaskan tentang letak geografis dari Tugu Nol Kilometer.

Tugu ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, dan setiap wisatawan yang berkunjung ke Tugu Nol Kilometer akan deiberikan sertifikat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang.


10. Pemandian Air Panas Keuneukai

Air panas ini berasal dari gunung berapi ditengah Pulau Weh. Ditempat ini bisa dijadikan tempat relaksasi dengan cara berendam di air panas. Wisatawan juga dapat memandang indahnya pesona laut yang biru dan hijaunya pepohonan.

Silahkan baca juga Bunaken Surga Diving Dan Snorkeling Terkenal Di Indonesia

Tempat wisata di kota Sabang Pulau Weh memang banyak, silahkan memilih tempat mana yang akan dikunjungi atau jika berkesempatan dapat mengunjungi semua tempat wisata disini , maka akan menjadi pengalaman yang menarik dan menakjubkan.




Back To Top